TK Nasional KPS

P.O. BOX 321 Jl. Sport No.1 Balikpapan

Kami Bekerja Demi Generasi Mendatang

TK Nasional KPS Utamakan Pembentukan Karakter

Rabu, 28 Maret 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 399 Kali



BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pendidikan taman kanak-kanak merupakan salah satu pendidikan usia dini, yang berumur sekitar 4-6 tahun. Pendidikan TK juga memiliki peranan yang sangat penting untuk pengembangan kepribadian anak, serta menyiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Dimana anak TK diberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan.

 

Tugas utama TK adalah meyiapkan anak dengan mengenalkan berbagai pengetahuan, sikap, perilaku, dengan cara yang menyenangkan.TK sebagai tempat bermain yang indah,nyaman,dan gembira bagi anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Seperti halnya TK Nasional KPS yang terletak di kawasan Kelurahan Prapatan Balikpapan Kota, dalam pengembangan pendidikan usia dini dan pendidikan karakternya patut diberikan apresiasi.TK Nasional KPS yang sekarang dipimpin Purwanto terlihat sudah banyak mengalami kemajuan, terutama kemajuan dalam pengembangan pendidikan karakter pada anak didiknya. 

 

Selain itu juga banyak meraih prestasi yang penah diraihnya di antaranya juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat kecamatan dan kota, kini sekolah tersebut mewakili Balikpapan LSS ke tingkat provinsi. 

 

Kepala TK Nasional KPS Purwanto MPd ketika disambangi kabarkaltim.co.id mengatakan, : ”Persiapan untuk mengikuti LSS sudah dilakukan jauh sebelumnya, sebab di TK ini sudah dibentuk yang namanya Tim Pendidikan Karakter,  IOM (Ikatan Orang Tua Murid) dan Rikoling dengan anak.Tugas dari tim pendidikan karakter di antaranya pelayanan kesehatan seperti memberikan imunisasi, vaksin dan memberi vitamin pada anak didiknya serta memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan,". 

 

Lanjut dia, pelayanan lingkungan tugasnya memberikan pemahaman kepada anak didiknya tentang lingkungan yang bersih, mengajarkan anak untuk belajar menyiram taman dan tanaman bunga di sekitar sekolah. 

 

"Kemudian dibentuknya Ikatan Orang Tua Murid (IOM), misalkan kalau di antara orang tua murid bekerja sebagai Dokter, maka diupayakan bisa memberikan penyuluhan di TK Nasional KPS. Rekoling dengan anak ini dilakukan setiap hari sebelum jam belajar dimulai,” ujar Purwanto. 

 

Dikatakan Purwanto lebih jauh bahwa pihak sekolah dalam melaksanakan pengembangan pendidikan selalu berkordinasi dengan Yayasan.Mengajak hubungan kerja sama dengan pihak luar seperti bekerjasama denga kelurahan perapatan,Puskesmas.

 

”Dalam pengembangan pendidikan di usia dini yang paling utama di TK Nasional KPS adalah pendidikan karakternya,” tutur Purwanto yang pernah mengajar di SMP Nasional KPS Balikpapan selama 15 tahun itu.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
  • ...

    Lomba

    Sabtu, 25 Nopember 2017